Breaking News
recent

Jangan Lupa Subscribe YouTube kami

Macam-macam Cara untuk Menghindarkan Anak dari Sikap Boros



 
Sumber gambar: www.google.com
Boros termasuk perbuatan yang tidak baik. Sikap ini dilakukan dalam bentuk pembelanjaan uang untuk membeli kebutuhan apapun termasuk yang tidak penting juga. Boros bisa terjadi karena dipengaruhi beberapa faktor yakni lingkungan, kebiasaan, dan mempertahankan harga diri. Agar seseorang bisa mengelola uangnya dengan lebih bijak ketika dewasa, sejak kecil anda harus menghindarkan anak dari sikap boros dengan cara-cara berikut ini.
Pertama, ajarkan anak untuk bersikap tanggung jawab. Caranya, anda bisa memberikan uang sebesar 1000 rupiah sebagai pegangan ke sekolah. Kemudian, berikan bekal makanan yang berisi menu favoritnya dengan kapasitas yang cukup untuk membuatnya kenyang pada jam-jam istirahat sekolah. Tidak jajan tentu merupakan upaya menghindarkan anak dari sikap boros. Ketika pulang sekolah, ajak dia ke tempat rahasia yang sebelumnya telah anda sisipkan tempat untuk menyimpan uang. Lalu, masukkan uang anda 1000 ke dalam penyimpanan dan ajaklah anak untuk memasukkan uangnya ke penyimpanan yang lain. Jika uang yang ia masukkan kurang dari 1000, tanyakan tadi ia gunakan uang itu untuk apa. Berikan pengetahuan tentang kebutuhan pokok dan yang tidak penting. Setelah itu, tantanglah ia untuk mengumpulkan uang lebih banyak dari anda di tempat penyimpanan yang akan dihitung pada masa tertentu. Ini akan menghindarkan anak dari sikap boros karena ia memiliki tujuan dan semangat mengumpulkan uang lebih.
Cara lain adalah dengan mengajaknya menonton film yang bercerita tentang kesuksesan seseorang karena rajin menabung. Hal tersebut akan dicerna secara visual maupun dalam alam bawah sadar anak seagai motivasi yang patut dicontoh untuk kehidupan kedepan. Memberitahukan bahwa kekayaan yang dimiliki seseorang tidak bersifat mutlak dan bisa habis jika tidak digunakan dengan tepat, juga dapat menghindarkan anak dari sikap boros. Selain itu anda juga bisa mengajarkan gaya hidup hemat pada anak supaya sewaktu-waktu jika ia berada di posisi kesulitan uang di masa depan, ia tetap bisa menaklukkan kondisi tersebut. Gaya hidup hemat bisa diajarkan dengan mengkonsumsi makanan-makanan sederhana namun tetap menyehatkan. Mengajarkan anak untuk melakukan semuanya sendiri juga dapat menghindarkan anak dari sikap boros kelak, misalnya diajari mencuci baju sendiri, setrika, memasak, menggunakan listrik yang sebutuhnya saja, dan sebagainya.
Anda juga bisa berembuk dengan pasangan untuk konsisten mengabulkan satu permintaan barang dari anak setiap ia berhasil membuat bangga orang tua seperti mendapat nilai baik misalnya. Lalu, cara terakhir yang merupakan kunci sukses menghindarkan anak dari sikap boros adalah memberikan contoh nyata di depannya. Jadi, anda sebagai orang tua harus berperilaku hemat terlebih dulu sebelum menginginkan anak untuk tidak boros. Ketika anda berbelanja dengan anak dan ia melihat anda mengambil barang-barang yang bukan merupakan kebutuhan pokok rumah tangga, bukan tidak mungkin anak juga akan meniru perilaku tersebut.

tria septiyani

tria septiyani

nama: tria septiyani tempat, tanggal lahir: tanggerang, 6-09-94 pendidikan: S1 Psikologi universitas mercubuana yogyakarta

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.